Penyakit Hepatitis B Kronik

Penyakit Hepatitis B Kronik – Bila proses eliminasi virus berlangsung efisien, infeksi VHB dapat diakhiri; sedangkan bila proses tersebut kurang efisien, akan terjadi infeksi VHB menetap. Proses eliminasi VHB oleh respons imun yang tidak efisien dapat disebabkan oleh faktor viral ataupun faktor inang.

Penyakit Hepatitis B Kronik

Penyakit Hepatitis B Kronik

Penyakit Hepatitis B Kronik

Faktor viral antara lain :

  • Terjadinya imnuotoleransi terhadap produk VHB
  • Hambatan terhadap CTL yang berfungsi melakukan lisis sel-lse terinfeksi
  • Tejradimya mutan VHB yang tidak memproduksi HBeAg
  • Intergrasi genom VHB dalam genom sel hati

Faktor inang antara lain :

  • Faktor genetik
  • Kurangnya produksi IFN
  • Adanya antobodi terhadp antigen nukleokapsid
  • Kelainan fungsi limfosi
  • Respons antiidiotipe
  • Faktor kelamin atau hormonal

Salah satu contoh peran imunitoleransi terhadap produk VHB dalam menimbulkan persistensi VHB adalah mekanisme persistensi infeksi VHB pada neonatus yang dilahirkan oleh ibu HBsAg dan HBeAg yang masuk ke dalam tubuh janin sebelum invasi HVB, sedangkan persistensi pada usia dewasa diduga disebabkan oleh kelelahan sel T karena tingginya kadar partikel virus.

90% indivdu yang mendapat infeksi sejak lahir akan tetap HBsAg positif sepanjang hidupnya dan menderita hepatitis B kronik. Sementara itu, hanya 5% individu dewasa yang mendapat infeksi yang akan mengalami persistensi infeksi. Persistensi VHB menimbulkan dan respons imun tubuh. Interaksi antara VHB dengan repson imun tubuh (terhadap VHB) sangat besar perannya dalam menentukan derajat keparahan hepatitis.

Dulu perjalanan penyakit hepatitis B kronik dibagi menjadi 3 fase penting yaitu fase imunotoleransi, fase imunoaktif atau fase immun clearance dan fase inactive carrier atau fase residual. Sekarang menurut pengertian yang terbaru ada 4 fase penting dalam perjalanan penyakit hepatitis B kronik, yaitu fase imunotoleransi, fase imunoaktif, atau fase immun clearance dan fase inactive carrier atau fase residual ditambah satu fase lagi yaitu fase reaktivasi.

Fase Penyakit Hepatitis B

Fase Penyakit hepatitis B kronik HBeAg positif dan fase reaktivasi dinakan juga fase hepatitis kronik HBeAg negatif. Pada sekitar 20-30% penderita hepatitis B kronik dalam fase residual dapat mengalami reaktivasi dan menyebabkan kekambuhan.

Dalam fase residual, replikasi VHB sudah mencapai titik minimal dan peneliatian menunjukkan bahwa angka harapan hidup pada penderita dengan anti HBe positif lebih tinggi dibandingkan dengan penderita HBeAg positif. Namun, penelitian menunjukkan bahwa hepatitis B menjadi tenang, justru risiko untuk terjadi karsinoma hepatoselular (KHS) mungkin justru meningkat.

Perbedaan antara penyakit hepatitis B dan penyakit hepatitis akut adalah jika penyakit hepatitis B akut merupakan penyakit hepatitis yang terjadi dengan singkat, namun untuk penyakit hepatitis B kronik merupakan penyakit hepatitis yang tahan lebih lama. Pada infeksi penyakit hepatitis B akut biasanya akan berlangsung kurang dari 6 bulan. Dan jika penyakit hepatitis B ini sifatnya akut, maka sistem kekebalan tubuh akan bisa membersihkan virus dari dalam tubuh dan Anda sudah harus bisa sembuh dalam waktu beberapa bulan.

Dan kebanyakan dari orang dewasa yang menderita penyakit hepatitis biasanya akan mengalami infeksi akut. Infeksi pada penyakit hepatitis B yang kronik biasanya akan berlangsung selama kurang lebih akan terjadi selama enam bulan atau juga bahkan lebih. Disaat sistem kekebalan tubuh seseorang tidak bisa melawan virus, infeksi dari penyakit hepatitis B biasanya akan menetap menjadi seumur hidup dan bahkan mungkin juga akan menimbulkan penyakit yang lebih serius lagi misalnya adalah seperti penyakit sirosis hati dan penyakit kanker hati. Kebanyakan dari bayi yang mengalami infeksi pada penyakit infeksi hepatitis B saat lahir dan ada juga anak usia antara 1-5 tahun yang mengalami infeksi kronik. Ifeksi kronik yang terjadi nmungkin tidak akan terdeteksi selama beberapa dekade sampai pada akhirnya mereka mengalami sakit yang parah.

Komplikasi yang terjadi pada penyakit hepatitis B kronik adalah :

  1. Munculnya jaringan parut pada hati atau mengalami penyakit sirosis hati. Infeksi pada penyakit hepatitis B yang bisa mengakibatkan terjadinya peradangan yang pada akhirnya akan menimbulkan jaringan parut yang lebih luas dimulai dari hati. Jaringan parut yang terletak dihati akan membuat kemampuan hati dalam berfungsi bisa terganggu.
  2. Penyakit kanker hati. Orang yang mengalami infeksi penyakit hepatitis B kronik biasanya akan mempunyai suatu peningkatan dalam resiko mengalami penyakit kanker hati.
  3. Gagal hati. Kegagalan hati yang sifatnya akut adalah suatu kondisi dimana ada beberapa fungsi-fungsi vital dari mulai hati ditutup. Disaat itu terjadi, biasanya pengobatan yang perlu dilakukan adalah dengan transplantasi hati untuk bisa mempertahankan kehidupan.
  4. Infeksi penyakit hepatitis D. Siapa saja yang terinfeksi oleh penyakit hepatitis B kroni juga akan rentan untuk mengalami infeksi pada strain virus hepatitis lain misalnya adalah hepatitis D. Anda tidak bisa terinfeksi penyakit hepatitis D terkecuali jika pernah mengalami penyakit hepatitis B. Dan setelah penyakit hepatitis B dan juga penyakit hepatitis D yang akan membuat resiko kemungkinan dari terjadinya penyakit ini dan bisa mengembangkan penyakit hepatitis.
  5. Sakit ginjal. Infeksi yang terjadi pada penyakit hepatitis B biasanya akan menimbulkan suatu masalah sakit ginjal yang pada akhirnya bisa mengakibatkan penyakit gagal ginjal. Anak-anak yang mempunyai resiko lebih cepat pulih dan sehat dari sakit ginjal dibandingkan oleh orang dewasa yang bisa mengalami suatu kemungkinan penyakit ginjal.

Penyakit Hepatitis B Kronik


=====================================

>>> Obat Hepatitis Untuk Membantu Mengobati dan Menyembuhkan Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C dan Pencegahan Hepatitis dan juga Menyehatkan Fungsi Hati, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Hepatitis B and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *